Selasa, 11 November 2008

Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat

Lambang Nusa Tenggara Barat

Berkas:Locator ntb final.png
Peta lokasi Nusa Tenggara Barat
Koordinat
Dasar hukum
Tanggal penting
Ibu kota Mataram
Gubernur M. Zainul Majdi
Luas 19.708,79 km²
Penduduk 4.015.102
Kepadatan
Kabupaten 7
Kodya/Kota 2
Kecamatan 94
Kelurahan/Desa 762
Suku Suku Sasak, Suku Sumbawa, Suku Mbojo
Agama Islam (96%), Hindu (3%), Buddha (1%)
Bahasa Indonesia, Sasak
Zona waktu WITA
Lagu Daerah Orlen-orlen






















































Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam (96%).



Provinsi NTB sebelum tahun 1951 bernama Sunda Kecil termasuk dalam bekas wilayah Negara Indonesia Timur. Berdasarkan peraturan pemerintah Daerah Lombok, Keputusan Presiden Indonesia Timur tanggal 9 Mei 1949 No.5/wPrv/49 (Lombok tidak terdiri dari swapraja tetapi merupakan suatu daerah langsung yang diperintah oleh Hindia Belanda dan pada tahun 1946, Stb.1949) dibentuk menjadi Neo Swapraja atau daerah yang menyelenggarakan urusan otonomi berdasarkan Zelf Bestuur Rgelen (ABR) tahun 1938
Secara yuridis formal Daerah Swatantra Tingkat I Nusa Tenggara Barat dengan enam Daerah Swatantra Tingkat II bawahannya sudah dibentuk sejak tanggal 14 Agustus 1958. Pemerintahan tetap berjalan seperti ketika dibentuk menurut UU No.1 tahun 1957 tentang Pokok-Pokok Pemerintahan Daerah. Selanjutnya pembentukan daerah-daerah Swatantra se Nusa Tenggara Barat dilaksanakan secara berangsur-angsur dimulai pada tahun 1959 hingga tahun 1961.

Tidak ada komentar:

"Anak Muda Indonesia Jangan Mau Bugil Didepan Kamera"